www.safetyposter.co.id
Safety - Poster - Sticker - Booklet - Calendar
News

Salah Ber-Listrik Bisa Jadi Musibah

22 Februari 2013

Sebanyak 25 orang meninggal dunia dan 30 orang luka-luka, pada musibah kebakaran yang terjadi di Desa Ain Badr, kawasan Abqaiq, Arab Saudi bagian Timur baru-baru ini.  Kebakaran terjadi saat dilangsungkannya sebuah  acara pernikahan di desa tersebut. Kemeriahan acara yang berubah menjadi mala petaka itu, bermula ketika dilakukannya pelepasan tembakan keatas , yang merupakan bagian dari acara perayaan tersebut. Tembakan yang salah sasaran tersebut memicu jatuhnya tiang listrik tegangan tinggi dan percikan api  yang mengakibatkan terjadinya kebakaran. Penyebab jatuhnya korban adalah akibat tersengat aliran listrik bertegangan tinggi dari jatuhnya tiang listrik tersebut.

Bahaya Aliran Listrik Bertegangan Tinggi.

Salah satu bahaya listrik adalah aliran listrik bertegangan tinggi di atas udara, yang dikenal dengan istilah SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi). Dalam teori keselamatan berlistrik, tidak diperkenankan adanya material atau peralatan yang diletakan dibawah saluran listrik ini, apalagi manusia.

Ada dua bahaya besar  yang bisa diakibatkan oleh perilaku yang salah terhadap sutet. Pertama adalah bahaya sengatan listrik. Pada umumnya sutet di Indonesia mentransmisikan daya dielektrik pada tegangan 500 kV, sedangkan di Amerika dan Rusia sebesar 750-1100 kV. Tingkat bahaya akibat sengatan listrik ini, tidak sebanding dengan besarnya arus yang mengalir pada tubuh manusia. Berdasarkan penelitian, arus sengat baru terasa jika besarnya lebih dari 1mA, dan dengan batas aman tegangan sentuh sebesar 50 V (tergantung waktu sentuh). Kedua, bahaya panas dan daya ledak. Saat hubungan singkat yang terjadi, akibat tegangan yang sangat tinggi, arus yang mengalir pun sangat besar. Arus yang sangat besar ini memiliki energi yang juga sangat besar. Hal ini menyebabkan suhu di sekitar titik hubung singkat akan  menjadi sangat tinggi, kenaikan suhu yang mendadak inilah yang dapat menghasilkan daya ledak.

Listrik, sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Penggunaannya dapat menjadi manfaat maupun petaka bagi sang pengguna. Menjaga keselamatan dalam menggunakan listrik adalah tanggung jawab bersama. Ketidakpedulian Anda, dapat berisiko celaka bagi keluarga, teman, bahkan orang banyak.

Sumber: Dari Berbagai Sumber

by Sarah Ismullah, Copywriter PT. Safety Sign Indonesia

Sumber: www.SafetyPoster.co.id

Yuk ngintip Safety Poster Template terbaru PT. Safety Sign Indonesia, dengan klik link berikut ini untuk download langsung. 

http://safetyposter.co.id/file-download/Launch-New-Poster-Januari-2013.pdf

Terbaru !: GRATIS New Slide Book “7 Strategi Marketing untuk Promosi K3″, 

Silahkan klik link nya di:

http://bit.ly/VNQeAc




Baca juga
  » 1 Juni 2015
Berhenti Bekerja Jika Tidak Mau Terserang Penyakit Ini!
Segera berhenti bekerja atau Anda jadi korban selanjutnya! Saat ini, kasus pekerja yang menderita alergi akibat lingkungan kerja terus meningkat. Secara global, asma menjadi reaksi alergi terbanyak di lingkungan pekerja.

  » 27 Mei 2015
Selamat! Fadeli Kembali Raih Penghargaan K3
Lagi, Bupati Lamongan, H Fadeli kembali memperoleh penghargaan sebagai pembina terbaik dalam Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3). Penghargaan tingkat Jawa Timur itu diserahkan langsung oleh Gubernur Jatim, Soekarwo Negara Grahadi Surabaya, Rabu (22/4) lalu.

  » 26 Mei 2015
Kecelakaan Kerja Hulu Migas di Indonesia Masih Tinggi, Kenapa?
Angka kecelakaan kerja pada kegiatan hulu migas di sepanjang 2014 mencapai 159 kejadian. Di tahun sebelumnya, Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat angka kecelakaan kerja mencapai 183.

  » 25 Mei 2015
Bekerja Sambil Berdiri, Ini Dia Risikonya!
Beberapa pekerjaan, seperti pekerja pabrik atau teknisi mengharuskan seseorang berdiri hingga berjam-jam. Kondisi ini ternyata bisa menimbulkan beberapa efek terhadap kesehatan.