www.safetyposter.co.id
Safety - Poster - Sticker - Booklet - Calendar
News

Lagi-lagi Si Jago Merah Membuat Resah

27 Februari 2013

Lagi-lagi Si Jago Merah Membuat Resah

Ya.. lagi-lagi peristiwa kebakaran terjadi akibat kurang hati-hati dalam penggunaan gas, terlebih korbannya adalah anak-anak sekolah.

Baru-baru ini sebuah taman kanak kanak (TK), harus mengalami musibah kebakaran, yang menyababkan lima orang anak menjadi korban. Kelima anak yang menjadi korban, pada saat itu sedang makan di dapur sekolah, namun naas , saat seorang guru menyalakan kompor untuk memasak air, terjadi letupan akibat adanya kebocoran pada tabung gas. Akibatnya para korban menderita luka-luka bakar ringan, akbiat terkena percikan api dari letupan tersebut.

Sekolah, yang semestinya menjadi tempat yang aman untuk anak, ternyata juga bisa kecolongan. Dari peristiwa ini beberapa hal yang tidak mengutamakan keselamatan. Satu, guru atau petugas sekolah tidak memastikan keamanan penggunaan gas, indikasi kebocoran gas tidak terdeteksi. Dua, ruang makan siswa bersatu dengan ruangan dapur dan kompor, sehingga risiko terpapar ledakan sangat besar. Tiga, anak-anak sebaiknya dibekali dengan pengetahuan tentang fire safety, bagaimana mengatasi kebocoran gas dan tips keselamatan lainnya.

Sekedar mengingatkan, pada saat terdeteksi adanya kebocoran gas pada kompor, yang harus dilakukan adalah segera matikan kompor (dalam keadaan off), buka jendela lebar-lebar, tidak menyalakan lampu / saklar lampu. Kemudian tutup pintu dapur jika meninggalkan ruangan, dan segera perbaiki pemasangan gas dan kelengkapannya sebelum digunakan kembali.

Kejadian ini mengingatkan kita kembali, bahwa risiko bahaya  ada di mana saja. Apakah itu di tempat kerja, di sekolah, di perjalanan, bahkan di rumah. Selalu pastikan segala aktivitas sehari-hari dilakukan dengan aman dan selamat.

 Salam Safety!

By Sarah Ismullah, Copywriter PT. Safety Sign Indonesia

Sumber: www.SafetyPoster.co.id

GRATIS New Slide Book “7 Strategi Marketing untuk Promosi K3″, 

Silahkan klik link nya di:

http://bit.ly/VNQeAc

 

 

 

 



Baca juga
  » 1 Juni 2015
Berhenti Bekerja Jika Tidak Mau Terserang Penyakit Ini!
Segera berhenti bekerja atau Anda jadi korban selanjutnya! Saat ini, kasus pekerja yang menderita alergi akibat lingkungan kerja terus meningkat. Secara global, asma menjadi reaksi alergi terbanyak di lingkungan pekerja.

  » 27 Mei 2015
Selamat! Fadeli Kembali Raih Penghargaan K3
Lagi, Bupati Lamongan, H Fadeli kembali memperoleh penghargaan sebagai pembina terbaik dalam Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3). Penghargaan tingkat Jawa Timur itu diserahkan langsung oleh Gubernur Jatim, Soekarwo Negara Grahadi Surabaya, Rabu (22/4) lalu.

  » 26 Mei 2015
Kecelakaan Kerja Hulu Migas di Indonesia Masih Tinggi, Kenapa?
Angka kecelakaan kerja pada kegiatan hulu migas di sepanjang 2014 mencapai 159 kejadian. Di tahun sebelumnya, Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat angka kecelakaan kerja mencapai 183.

  » 25 Mei 2015
Bekerja Sambil Berdiri, Ini Dia Risikonya!
Beberapa pekerjaan, seperti pekerja pabrik atau teknisi mengharuskan seseorang berdiri hingga berjam-jam. Kondisi ini ternyata bisa menimbulkan beberapa efek terhadap kesehatan.